X - Men : First Class


Inilah kisah awal dari para mutan adaptasi komik Marvel. Film ini merupakan prekuel dari ketiga film X-Men yang sudah beredar pada sepuluh tahun terakhir ini.

Tahun 1962, Charles Xavier (James McAvoy) dan Erik Lehnsherr (Michael Fassbender) adalah Profesor X dan Magneto saat masih muda. Charles dan Erik sama-sama mutan, Charles dengan kekuatan telepatinya yang luar biasa, sementara Erik dengan kekuatan magnetiknya yang besar. Keduanya direkrut CIA di bawah bimbingan agen khusus Moira McTaggart (Rose Byrne) untuk melacak keberadaan seorang mutan berbahaya Sebastian Shaw (Kevin Bacon) yang punya rahasia besar masa lalu bersama Erik di kamp konsentrasi Nazi. Tentu saja pekerjaan berbahaya itu pun harus diimbangi dengan bantuan mutan-mutan berbakat lainnya sehingga Charles dan Erik merekrut ilmuwan muda Hank McCoy alias Beast, Alex Summers alias Havok, Sean Cassidy alias Banshee, juga Raven Darkholme alias Mystique, serta tak ketinggalan Angel Salvadore. Mereka semua berjuang untuk melawan Sebastian Shaw yang memiliki tiga anak buah mutan pula yaitu Emma Frost, Riptide dan Azazel. Pertempuran mereka pun berlangsung hingga mencapai klimaks pada masa krisis Kuba saat armada Angkatan Laut Amerika dan Soviet saling berkonfrontasi di Teluk Babi.

Film berdurasi 130 menit arahan Matthew Vaughn (Stardust, Kick-Ass) ini betul-betul memikat sejak awal hingga akhir karena sang sutradara yang juga menulis skenarionya bersama Jane Goldman, Ashley Miller dan Zack Stentz memfokuskan kisah tidak pada aksi yang berlebihan tapi lebih menyorot pada persahabatan antara dua karakter utamanya Charles dan Erik. James McAvoy (Atonement, Wanted) dan Michael Fassbender (Inglourious Basterds) bermain apik sebagai dua sahabat mutan yang akhirnya saling berpisah jalan. Keduanya benar-benar menjadi komandan yang berhasil mengkatrol mutu film ini jauh lebih mengesankan. Sebagai Sebastian Shaw, Kevin Bacon begitu layak tampil antagonis dan kejam. Kehadiran bintang muda nominator Oscar Jennifer Lawrence (Winter’s Bone) begitu menyegarkan sebagai Raven Darkholme yang kelak akan menjadi Mystique, begitu pula sekumpulan bintang muda lain sebagai para mutan yunior dengan kekuatannya masing-masing.

Karena cerita dan akting para pemain di film ini begitu kuat dan meyakinkan, saya hanya bisa berkata untuk sementara inilah film musim panas terbaik di tahun 2011, jauh lebih unggul kualitasnya jika dibandingkan dengan Thor, sekarang tinggal menunggu performa Captain America pada akhir bulan Juli nanti.

Download Movie : CD1, CD2, Subtitle

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS